Anoa Breeding Center di BP2LHK Manado

Services
Admin, November 25, 2019

Anoa Breeding Center, adalah sebuah tempat penangkaran satwa Anoa yang di kelola oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado.

Seperti yang kita ketahui bahwa Anoa termasuk ke dalam salah satu satwa yang dilindungi, dikarenakan populasi nya yang semakin berkurang dan sulit nya perkembangbiakan satwa Anoa.

Anoa memiliki sifat yang sangat agresif, tidak hanya kepada manusia tetapi juga kepada sesama Anoa lain. Itu lah salah satu penyebab Anoa sangat sulit untuk diperkembangbiak kan, maraknya perburuan liar tidak sebanding dengan perkembangbiakan satwa Anoa yang hanya bisa melahirkan satu anak per kelahiran nya.

Maka dari itu Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado berupaya mencegah terjadinya kepunahan pada spesies tersebut.

Selain fokus terhadap Anoa BP2LHK Manado juga melakukan penanaman pohon Eboni, Jabon dan juga beberapa tanaman lain yang juga sedang mereka teliti.

BP2LHK juga bekerjasama dengan beberapa instansi terkait untuk mengoptimalkan kinerja dan penelitian para staff nya, untuk bidang penelitian BP2LHK bekerjasama dengan SEAMEO BIOTROP dan untuk bidan non penelitian ABC bekerja sama dengan PT. Cargill Amurang Indonesia, PT. J Resources Bolaang Mongondow dan PT. MSM - TTN.

Anoa yang dirawat oleh BP2LHK saat ini merupakan hasil sitaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Utara yang juga bekerjasama dengan BP2LHK dalam upaya pelestarian spesies satwa Anoa.

BP2LHK Manado juga menjadi salah satu lembaga instansi pemerintah yang sudah menerapkan sistem ISO 9001 tentang manajemen mutu, dan dengan penerapan sistem ISO ini BP2LHK Manado berharap bisa mempermudah kinerja para staff nya dan menjadi Balai yang jauh lebih baik kedepan nya.

× Apakah ada yang bisa kami bantu?