Apa itu Fintech Ilegal? Ayo ketahui ciri-cirinya

Services
Admin, January 04, 2020

(BAROKAHCONSULTING.COM | Jakarta) Sebagaimana dapat diketahui bahwa saat ini sedang menjamur fenomena fintech / pinjaman online di Indonesia ini. terkadang kita sebagai pengguna/ customer menganggap semua fintech itu tidaklah ada bedanya, namun di era globalisasi saat ini, banyak sekali sumber yang bisa menjelaskan perbedaan fintech legal dan ilegal. Berikut kami ulas terkait ciri-ciri Fintech itu legal atau tidak ;

  1. Pemberian uang pinjaman yang tergolong sangat mudah

Disaat fintech-fintech resmi memberikan persyaratan yang tergolong cukup lengkap, kita harus berhati-hati terhadap fintech yang meminta persyaratan yang sangat mudah. hampir semua kasus fintech ilegal itu memberikan peminjaman uang terhadap konsumen dengan syarat-syarat yang sangat mudah bahkan hampir sangat bisa dilakukan orang-orang dengan waktu yang cepat juga serta mudah dimengerti. jikalau anda menemukan fintech yang seperti ini maka lebih baik dihindari bahkan laporkan kepada polisi agar tidak ada korban yang akan terkena jebakan fintech ilegal ini.

  1. Tidak memiliki izin resmi

Disaat kita akan melakukan pinjaman online, maka harus diperhatikan apakah fintech yang akan kita tuju sudah memiliki izin resmi atau tidak ? Apakah Terdaftar dalam List OJK / malah ada dalam blacklistnya OJK ? pastikan hal tersebut terlebih dahulu supaya kita merasa aman dan yakin bahwa ketika kita meminjam, fintech tersebut melakukan semua halnya sesuai dengan prosedur.

  1. Tidak memiliki alamat yang jelas / Fiktif

Haruslah kita memperhatikan juga ketika akan melakukan pinjaman kepada fintech untuk mengecheck juga alamat kantornya. apabila alamat yang tertera tidaklah sesuai/ fiktif, maka janganlah ragu untuk tinggalkan dan juga laporkan kepada pihak terkait agar dapat ditindak lanjuti. karena banyak kasus dimana ketika konsumen akan mengajukan banding terkait pinjamannya terhadap fintech ilegal itu kebingungan, karena alamat fintech yang dituju tidaklah jelas.

  1. Tidak memiliki informasi bunga dan denda yang jelas/transparan

Apabila dalam laman informasi fintech tersebut tidaklah jelas informasi bunga yang diberikan serta denda yang jelas. maka perusahaan tersebut terindikasi fintech ilegal. karena dalam beberapa kasus banyak customer yang merasa dirugikan karena kaget dengan denda yang sebentar saja sudah cukup berat.

  1. Ancaman teror kekerasan serta waktu penagihan tidak terbatas

Apabila anda menemukan fintech ketika menagih itu dengan mengirimkan sms terror bahkan hingga ditagih dengan waktu yang tidak terbatas/ kapan saja. maka anda harus sadar bahwa fintech yang melakukan hal tersebut adalah fintech ilegal, dan diharapkan dapat segera melaporkannya kepada pihak yang berwenang.

  1. Fintech dapat mengakses seluruh data ke ponsel pintar kita

ini merupakan tanda yang paling dapat kita ketahui bahwa fintech tersebut merupakan fintech ilegal. hal ini hanya dapat kita hindari apabila kita teliti dengan mengikuti langkah-langkah sebelumnya. karena sudah banyak kasus dimana fintech ilegal melakukan segala cara untuk dapat mengambil uang dari customernya. hingga yang paling parah adalah dengan mengambil foto-foto pribadi dengan akses ke ponsel pintar kita untuk dijadikan ancaman.

pada akhirnya kita haruslah berhati-hati apabila akan melakukan pinjaman online kepada pihak fintech. lakukanlah pinjaman kepada pihak-pihak yang sudah terverifikasi oleh OJK, informasi fintech itu valid, informasi bunga dan denda jelas, serta tidak masuk ke ranah pribadi customer itu sendiri. maka dengan hal tersebut rasa nyaman dan aman akan kita dapatkan pada saat kita akan melakukan pinjaman online tersebut.

Jika menemukan adanya hal hal yang terindikasi diatas, maka konsultasikan langsung hal tersebut ke Kantor OJK atau melaporkan kepada Kontak OJK 157 / bisa dengan WA di no 081157157157

× Apakah ada yang bisa kami bantu?