MENGENAI ISO 9001:2015

Services
Admin, June 17, 2021

ISO 9001 adalah standar internasional yang menentukan persyaratan untuk sistem manajemen mutu (QMS). Organisasi menggunakan standar ini untuk menunjukkan kemampuan untuk secara konsisten menyediakan produk dan layanan yang memenuhi persyaratan pelanggan dan peraturan. Ini adalah standar yang paling populer di seri ISO 9000 dan satu-satunya standar dalam rangkaian yang dapat diratifikasi oleh organisasi. ISO 9001 pertama kali diterbitkan pada tahun 1987 oleh International Organization for Standardization (ISO), sebuah lembaga internasional yang terdiri dari badan standar nasional yang beranggotakan lebih dari 160 negara. Versi ISO 9001 saat ini dirilis pada bulan September 2015.

ISO 9001: 2015 berlaku untuk organisasi manapun, terlepas dari ukuran atau industri apa pun. Lebih dari satu juta organisasi dari lebih 160 negara telah menerapkan persyaratan standar ISO 9001 untuk sistem manajemen mutu mereka.

TOPIK YANG TERCAKUP DARI ISO 9001:2015

ISO 9001 menyediakan pendekatan yang berorientasi pada proses untuk mendokumentasikan dan meninjau struktur, tanggung jawab, dan prosedur yang diperlukan untuk mencapai manajemen mutu yang efektif dalam sebuah organisasi. Bagian khusus dari standar berisi informasi tentang topik seperti :
• Persyaratan untuk sistem manajemen mutu, termasuk informasi terdokumentasi, perencanaan dan penentuan interaksi proses
• Tanggung jawab manajemen
• Pengelolaan sumber daya, termasuk sumber daya manusia dan lingkungan kerja organisasi
• Realisasi produk, termasuk langkah-langkah dari desain sampai pengiriman
• Pengukuran, analisis, dan peningkatan QMS melalui kegiatan seperti audit internal dan tindakan korektif dan preventif.

Perubahan yang diperkenalkan dalam revisi 2015 dimaksudkan untuk memastikan bahwa ISO 9001 terus menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan di mana organisasi beroperasi. Beberapa pembaruan kunci dalam ISO 9001: 2015 mencakup pengenalan terminologi baru, merestrukturisasi beberapa informasi, penekanan pada pemikiran berbasis risiko untuk meningkatkan penerapan pendekatan proses, penerapan yang lebih baik untuk layanan, dan peningkatan persyaratan kepemimpinan.

sumber : http://www.jasakonsultan.net

× Apakah ada yang bisa kami bantu?