Jokowi: Inklusi Keuangan Harus Beri Akses Lebih Luas untuk Masyarakat Menengah ke Bawah

General
Admin, October 10, 2021

Pak Jokowi.png

Presiden Joko Widodo mengatakan, inklusi pada bidang keuangan harus dapat memberikan akses yang lebih luas untuk masyarakat menengah ke bawah. Dengan demikian, inklusi keuangan dapat menjadi solusi bagi persoalan ketimpangan sosial. "Inklusi keuangan juga harus memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat, khususnya masyarakat lapisan menengah ke bawah," ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada OJK Virtual Innovation Day 2021 di Istana Negara, Senin (11/10/2021). "Menjadi solusi untuk menekan ketimpangan sosial dan menjangkau segmen masyarakat yang belum tersentuh sistem keuangan konvensional," lanjutnya. Baca juga: Ditanyai Jokowi soal Bantuan Rp 1,2 Juta Cukup atau Kurang, Pedagang Malioboro: Kurang… Oleh karenanya, Jokowi meminta OJK dan para pelaku usaha keuangan untuk memastikan inklusi keuangan harus diikuti percepatan literasi keuangan dan literasi digital. Sehingga, kemajuan inovasi keuangan digital memberikan manfaat bagi masyarakat luas dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Selain itu, Jokowi juga meminta penyedia layanan keuangan digital harus berorientasi indonesiasentris. "Tidak hanya berpusat di Jawa saja, tetapi membantu mempercepat transformasi keuangan digital hingga pelosok ke seluruh penjuru Tanah Air kita," tegasnya. "Oleh karena itu saya minta seluruh industri jasa keuangan untuk melaksanakan program literasi keuangan dan literasi digital mulai dari desa, mulai dari pinggiran," lanjut kepala negara.

"Saya harap ekosistem keuangan digital yang tangguh dan berkelanjutan harus terus dijaga untuk mendorong percepatan pergerakan ekonomi nasional yang inklusif serta berkontribusi lebih besar pada upaya pemulihan ekonomi yang sedang kita lakukan," tambah Jokowi.

× Apakah ada yang bisa kami bantu?