Pesona Tugu Khatulistiwa, Salah Satu Maskot dan Destinasi Wisata di Kalimantan Barat

Services
Admin, June 01, 2020

Sungai-Kapuas.jpg

Kalimantan Barat tidak hanya memiliki hutan yang luas, namun juga memiliki salah satu sungai terpanjang dan terbesar di Indonesia yaitu sungai Kapuas.

Selain itu juga Kalimantan Barat juga memiliki sebuah tugu yang dinamai Tugu Khatulistiwa yang biasa disebut juga dengan Equator Monument.

tugu-khatulistiwa.jpg

Tugu khatulistiwa ini terletak di Kota Pontianak yang menjadi ibu kota Provinsi Kalimantan Barat yang menjadi salah satu ikon wisata di Kota Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Pontianak.

Adapun simbol berbentuk tonggak dan anak panah pada tugu tersebut untuk menandai titik nol garik khatulistiwa/garis equator.

ujung-tugu-khatulistiwa-pontianak-kalimantan-barat-630x380.jpg

Bangunan tugu terdiri dari 4 buah tonggak kayu belian (kayu besi), masing-masing berdiameter 0,30 meter, dengan ketinggian tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah setinggi 4,40 meter.

Diameter lingkaran yang ditengahnya terdapat tulisan EVENAAR (bahasa Belanda yang berarti Equator) sepanjang 2,11 meter. Panjang penunjuk arah 2,15 meter.

Tulisan plat di bawah anak panah tertera 109o 20' OLvGr menunjukkan letak berdirinya tugu khatulistiwa pada garis Bujur Timur.

WhatsApp Image 2020-06-05 at 15.12.21.jpeg

Pada tanggal 2 - 14 Maret 2020 AKLI Kalimantan Barat yang bekerjasama dengan Barokah Consulting sudah melaksanakan agenda Pelatihan Ahli K3 Umum, P3K dan Damkar serta audit sertifikasi Sistem Manajeme K3 (SMK3) & Contractor Safety Management System .

× Apakah ada yang bisa kami bantu?