Apa Itu Program Bansos KSBB?

General
Admin, June 03, 2020

KSBB.jpg

Sebagai upaya meringankan beban masyarakat yang sedang kesulitan secara ekonomi karena dampak wabah Covid-19, pemerintah dan beberapa golongan masyarakat memberikan bantuan sosial ( bansos) kepada warga Jakarta yang tergolong miskin dan rentan miskin saat pandemi Covid-19 yang disalurkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos).

Bansos KSBB merupakan kolaborasi sosial warga untuk warga lainnya yang membutuhkan. Pemprov DKI Jakarta hanya sebagai fasilitator program.

Berbeda dengan bansos PSBB yang merupakan program bantuan sosial yang dicanangkan Pemprov DKI Jakarta dan pemerintah pusat. Bansos itu ditujukan bagi masyarakat miskin dan rentan miskin yang terdampak Covid-19.

KSBB 1.jpg

Selain dari segi penyelenggara program, paket bantuan yang diberikan oleh kedua program bansos tersebut juga berbeda.

Pada program bansos PSBB, paket bantuan yang diberikan berisi bahan pangan pokok. Paket bantuan terdiri dari beras lima kilogram, sarden dua kaleng kecil, minyak goreng 0,9 liter, biskuit dua bungkus, masker kain dua buah, serta sabun mandi dua batang.

Di sisi lain, bantuan pangan pada bansos KSBB terdiri dari makanan siap saji pagi-malam, sembako, paket Lebaran, serta tunjangan hari raya (THR) berbentuk uang tunai.

Keempat jenis bantuan tersebut didistribusikan secara kepada RW rentan, pesantren, panti sosial asuhan anak, panti sosial bagi lanjut usia, panti sosial disabilitas, dan lokasi lainnya di wilayah DKI Jakarta.

bansos-tahap-2-dki-jakarta-sudah-tiba-di-kelurahan-pekayon.jpg

Berikut rincian perbedaan bansos KSBB dan bansos PSBB.

Bantuan Sosial KSBB

  • Pemprov DKI Jakarta berperan sebagai fasilitator program bansos. Masyarakat sebagai donatur, serta institusi sosial sebagai agregator.
  • Bansos program KSBB ditujukan kepada keluarga rentan, pesantren, dan panti terdampak Covid-19 di wilayah Jakarta.
  • Anggaran dana berasal dari masyarakat atau kolaborator yang berperan sebagai donatur.
  • Pelaksanaan bansos program KSBB ditentukan oleh kolaborator dan penerima bantuan Pemprov DKI Jakarta sebagai fasilitator.

Bantuan Sosial PSBB

  • Bansos PSBB berasal dari Pemprov DKI Jakarta atau Kemensos.
  • Bansos PSBB ditujukan untuk warga miskin dan rentan miskin yang terdampak Covid-19 di Jakarta.
  • Anggaran bansos PSBB dari APBD DKI dan APBN.
  • Pelaksanaan program bansos PSBB adalah Pemprov DKI Jakarta dan Kemensos selama masa PSBB.

Sebagai warga negara yang baik kita harus mendukung apapun bentuk programnya dan siapapun yeng mencanangkannya selama program tersebut baik untuk kepentingan bersama. Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi yang menerima dan semoga pandemi ini bisa cepat teratasi.

Source : Kompas.com

× Apakah ada yang bisa kami bantu?