Apa Itu SMK3 serta Manfaatnya bagi perusahaan ?

Services
Admin, February 05, 2020

(JAKARTA | BAROKAHCONSULTING.COM) Dalam suatu perusahaan, sistem manajemen K3 haruslah dapat terlaksana dengan baik. Dikarenakan setiap pekerja merupakan aset bagi perusahaan. Tanpa adanya sistem manajemen K3 yang baik, maka keselamatan berarti terabaikan begitu saja dan akan mengakibatkan rasa resah yang ditimbulkan atau akan terjadi penanganan yang tidak tepat ketika kecelakaan kerja itu terjadi. SMK3 (Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja) hadir sebagai bagian dari sistem manajemen perusahaan yang dibuat dalam rangka pengendalian resiko dalam kegiatan kerja, untuk dapat menjadikan keselamatan serta kegiatan dalam pekerjaan menjadi aman, efektif serta berkelanjutan.

manfaat yang didapatkan dari penerapan SMK3 ini adalah :

  • Melindungi Para Pekerja
  • Memberi kesadaran agar patuh terhadap undang-undang serta peraturan yang berlaku
  • Meningkatkan Kepercayaan dan Kepuasan Baik Pelanggan Maupun dari Pekerja Itu Sendiri
  • Sistem Manajemen menjadi lebih efektif serta aktif

Tujuan utama penerapan SMK3 adalah sebagai prosedur dalam meningkatkan keselamatan para pekerja dari seluruh bentuk kecelakaan atau penyakit yang diakibatkan pekerjaannya. dengan penerapan K3 yang tepat, angka kecelakaan dapat ditekan bahkan hingga ditiadakan sama sekali. selain menguntungkan bagi pekerja, SMK3 juga menjadi keuntungan bagi perusahaan itu sendiri karena para pekerja lebih merasa aman, rasa kepercayaan pekerja tinggi, serta menjadi lebih semangat dan efektif.

Dengan adanya penerapan SMK3 ini perusahaan-perusahaan juga akan mematuhi peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, hal itu akan mengakibatkan perusahaan akan bergerak secara sehat serta positif. karena peraturan yang dibuat sebenarnya pada dasarnya bertujuan baik bagi semua pihak, baik itu untuk pekerja ataupun perusahaan.

Penerapan SMK3 ini juga akan berdampak pada kepercayaan pelanggan/client terhadap perusahaan akan semakin meningkat. karena, banyak sekali pelanggan yang memberi syarat pada supplier untuk menerapkan SMK3. karena penerapan SMK3 akan menjamin segala proses yang dilakukan akan aman, tertib serta menjaga kualitas. pekerja akan bekerja dengan efektif, produktif serta terlindungi. pada akhirnya pelanggan akan menjadikan perusahaan itu menjadi kepercayaannya.

Penerapan SMK3 juga memberikan dampak manajemen keselamatan akan lebih baik serta efektif, dikarenakan di dalam SMK3 terdapat prosedur-prosedur yang terorganisir, tepat serta akurat dalam koridor yang teratur dan dilakukan secara berulang/konsisten. sehingga ketika ada masalah/ketidaksesuaian yang terjadi, dapat ditanggulangi dengan cepat serta tidak menyebar luas.

Penerapan sistem ini pada akhirnya juga kembali kepada para pekerja itu sendiri serta perusahaan yang menjalankan. karena dalam menerapkannya dibutuhkan totalitas penuh baik dari pekerja ataupun perusahaan nya. keterlibatan ini akan memberikan peluang yang lebih banyak serta perbaikan yang lebih positif bagi perusahaan itu sendiri. serta menjadikan manfaat yang ditulis tadi akan terasa dengan nyata bagi perusahaan itu juga.

Barokah Consulting hadir untuk dapat memberikan jasa layanan Konsultasi, Pelatihan dan Pendampingan Sertifikasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan. selain handal, kamipun berkomitmen untuk memberikan pelayanan secara tepat serta dalam tahap yang akurat. untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses layanan konsumen kita yang ada di dalam website.

Semoga bermanfaat.

× Apakah ada yang bisa kami bantu?