The Great Hack Film yang Menyadarkan Kita Pentingnya Keamanan Data Pribadi

General
Admin, January 08, 2021

Great Hack adalah film dokumenter yang dirilis oleh Netflix pada tahun 2019, film ini mengungkap tentang sisi gelap media social dimana sebuah perusahaan konsultasi dibidang politik memanfaatkan data yang diperoleh dari aplikasi Facebook.

Berawal dari CEO dari perusahaan Cambridge Analytica Alexander Nix yang tampil di Channel 4, ia mengklaim memiliki 5.000 data point di penjuru Amerika. Profesor David Carrol yang menyadari sesuatu hal yang tidak benar lalu meminta bantuan kepada seorang pengacara pakar privasi data Ravi Naik untuk menuntut Cambridge Analytica untuk mengembalikan data pribadinya.

Dan penuntutan itu lah yang menjadi pemicu terkuaknya skandal Cambridge Analytica dan penyedia layanan media social terbesar Facebook. Penyeledikan besar-besaran pun dilakukan untuk membongkar skandal ini yang mana pada akhirnya terbukti kalau Cambridge Analytica menggunakan data pengguna Facebook yang mereka panen lalu dikombinasikan dengan teknik Microtargeting yang mana bertujuan untuk membantu kampanye dalam Pemilihan Umum.

DiIndonesia sendiri perusahaan-perusahaan yang beroperasi menggunakan atau berbasis system data keamanan data pelanggan sudah diatur dalam Permen Kominfo No. 4/2016.

× Apakah ada yang bisa kami bantu?