Monumen Besejarah Yang Menjadi Pesona Provinsi Riau

General
Admin, June 04, 2020

Kantor Gubernur Riau.jpg

Provinsi Riau terletak di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatra, yaitu di sepanjang pesisir Selat Malaka. Provinsi yang memiliki Ibu Kota Pekanbaru ini menjadi salah satu Provinsi terkaya di Indonesia dengan segala sumber daya alamnya yang meliputi minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit dan perkebunan serat.

Tidak hanya sumber daya alamnya, namun Provinsi Riau juga memiliki beberapa monumen bersejarah di Indonesia, yakni Candi Muara Takus.

WhatsApp Image 2020-06-05 at 14.42.22.jpeg

Candi Muara Takus merupakan salah satu peninggalan kerajaan Sriwijaya yang berada di kecamaatn XIII Koto , Kabupaten Kampar, Riau.

Candi Muara Takus adalah satu-satunya situs peninggalan sejarah berbentuk candi yang ada di Provinsi Riau. Pesona candi Muara Takus ini sudah tidak di ragukan lagi keindahaan nya.

Bangunan utama dari kompleks candi Muara Takus ini ialah sebuah stupa besar. Selain itu juga terdapat bangunan candi yang di sebut Candi Tua, Candi Bungsu, Stupa Mahligai serta Palangka.

WhatsApp Image 2020-06-05 at 14.42.22 (1).jpeg

Selain Candi Muara Takus yang berada di Kabupaten Kempar, Provinsi Riau juga memiliki sebuah bangunan peninggalan Kerajaan Siak Sri Indrapura yang terletak di Kabupaten Siak.

Istana Siak Sri Indrapura merupakan kediaman Sultan Abdul Jalil selama kejayaan Kesultanan Siak Sri Indrapura yang bercorak Melayu Islam.

Keberadaan Kerajaan Siak Sri Indrapura ini juga menjadi salah satu sejarah perkembangan peradaban Islam di Indonesia.

WhatsApp Image 2020-06-05 at 14.45.10.jpeg

Pada tanggal 3 - 7 Februari 2020 AKLI Riau bekerjasama dengan Barokah Consulting telah melaksanakan agenda kegiatan Pelatihan Ahli P3K dan Damkar serta mengadakan audit Sertifikasi Sistem Manajemen K3 (SMK3)untuk menunjang birokrasi perusahaan kontraktor listrik di provinsi Riau dan sekitarnya.

× Apakah ada yang bisa kami bantu?